Strategi Komunikasi Pimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Karyawan di Uigo Studio

Aulia, Fadhlan (2025) Strategi Komunikasi Pimpinan dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Karyawan di Uigo Studio. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
41121094_Fadhlan Aulia_2025_Skripsi_Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (947kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
41121094_Fadhlan Aulia_2025_Skripsi_Abstrak.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (729kB) | Request a copy
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
41121094_Fadhlan Aulia_2025_Skripsi_Full Text.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of Laporan Similarity Index] Text (Laporan Similarity Index)
41121094_Fadhlan Aulia_2025_Skripsi_Laporan Similarity Index (Turnitin).pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (336kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pimpinan dalam meningkatkan kualitas kerja karyawan di Uigo Studio. Latar belakang penelitian ini didasari oleh menurunnya kualitas kerja tim yang ditandai dengan rendahnya ketepatan waktu, kreativitas, dan kepatuhan terhadap prosedur, yang dinilai dipengaruhi oleh kurang optimalnya komunikasi pimpinan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan enam informan, dan dokumentasi internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pimpinan di Uigo Studio belum berjalan secara efektif, terutama dalam aspek kejelasan pesan, keterbukaan, dan komunikasi dua arah. Gaya komunikasi
yang cenderung satu arah, kurangnya empati, serta minimnya penggunaan teknologi komunikasi secara maksimal turut memengaruhi motivasi dan kinerja karyawan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perbaikan dalam strategi komunikasi pimpinan, seperti peningkatan keterbukaan, penggunaan bahasa yang lebih adaptif, dan penyampaian arahan yang lebih tegas serta jelas, sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas kerja tim secara menyeluruh. Upaya ini tidak hanya akan membantu karyawan memahami tugas dengan lebih baik, tetapi juga dapat menumbuhkan rasa percaya, motivasi, dan kedisiplinan kerja yang lebih konsisten. Selain itu, penerapan komunikasi yang lebih terbuka akan memberikan ruang bagi karyawan.

Kata kunci: Kualitas kerja; Strategi Komunikasi Pimpinan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Fadhlan Aulia
Date Deposited: 10 Sep 2025 09:30
Last Modified: 10 Sep 2025 09:30
URI: http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item
View Item