Dalfa, Eneng Siti (2025) Pelatihan Kerja dalam Meningkatkan Kompetensi Kerja Guru di MTs-SA Miftahul Karomah. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.
41122208_Eneng Siti Dalfa_2025_Skripsi_Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (982kB) | Preview
41122208_Eneng Siti Dalfa_2025_Skripsi_Abstrak.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (752kB) | Request a copy
41122208_Eneng Siti Dalfa_2025_Skripsi_Fulltext.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Request a copy
41122208_Eneng Siti Dalfa_2025_Skripsi_Turnitin.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (344kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam peran pelatihan kerja dalam meningkatkan kompetensi kerja guru di MTs-SA Miftahul Karomah. Latar belakang penelitian didasarkan pada masih ditemukannya keterbatasan kompetensi guru, baik dalam penguasaan materi ajar, penerapan metode pembelajaran yang bervariasi, maupun dalam pemanfaatan teknologi pendidikan yang belum optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, serta studi literatur relevan. Informan penelitian terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala madrasah, serta guru dengan beragam latar belakang dan pengalaman kerja. Fokus kajian diarahkan pada bentuk pelatihan yang dilaksanakan, efektivitas pelatihan dalam mendukung peningkatan kompetensi guru, serta hambatan-hambatan yang muncul dalam proses pelatihan. Penelitian menunjukkan bahwa pelatihan kerja memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pemahaman guru dalam penguasaan materi, penerapan variasi metode pembelajaran, keterampilan pengelolaan kelas, serta pemanfaatan media digital. Meskipun demikian, efektivitas pelatihan masih terkendala keterbatasan sarana pendukung, kesinambungan program yang kurang terjaga, variasi pelatihan yang belum merata, serta lemahnya monitoring pascapelatihan. Penelitian menyimpulkan pelatihan kerja memiliki peran strategis dalam pengembangan kompetensi guru, namun perlu perbaikan melalui pelaksanaan yang terarah, berkesinambungan, kontekstual, serta sesuai kebutuhan nyata untuk mendukung mutu pendidikan madrasah.
Kata kunci: Kompetensi Guru; Pelatihan Kerja
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
| Depositing User: | Eneng Siti Dalfa |
| Date Deposited: | 12 Sep 2025 09:10 |
| Last Modified: | 12 Sep 2025 09:10 |
| URI: | http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/164 |
