Khairunnisa, Khairunnisa (2025) Pengaruh Pemasaran Digital dan Kemudahan Penggunaan Platform Marketplace Shopee terhadap Minat Beli Mahasiswa STIM Budi Bakti. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.
41121048_Khairunnisa_2025_Skripsi_Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
41121048_Khairunnisa_2025_Skripsi_Abstrak.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (100kB) | Request a copy
41121048_Khairunnisa_2025_Skripsi_Fulltext.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Request a copy
41121048_Khairunnisa_2025_Skripsi_Laporan Similarity Index.Pdf.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (167kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pemasaran digital dan kemudahan penggunaan platform marketplace shopee terhadap minat beli mahasiswa STIM Budi Bakti. Motivasi penelitian ini berasal dari tren peningkatan penggunaan platform digital untuk aktivitas belanja daring, terutama di kalangan mahasiswa. Menggunakan metode kuantitatif, instrument pengumpulan data berupa kuesioner yang dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, regresi linear sederhana, regresi linear berganda, uji t, uji F, uji korelasi, hasil uji validitas menunjukan bahwa seluruh item pada ketiga variabel (Pemasaran Digital, Kemudahan Penggunaan Platform, dan Minat Beli) memiliki nilai korelasi di atas instrument dinyatakan valid karena nilai CITC (Correcteid item-total Correlation) di atas 0,30 selain itu uji reliabilitas menunjukan bahwa intrumen tersebut reliabel, ditandai dengan nilai Cronbach’s Alpha di atas 0,60 koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi SPSS. Temuan menunjukan bahwa 3 hipotesis berpengaruh secara signifikan. Secara simultan, pemasaran digital dan kemudahan penggunaan platform Shopee juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli mahasiswa STIM Budi Bakti. Temuan ini menegaskan bahwa strategi Pemasaran Digital yang tepat dan kemudahan akses platform marketplace menjadi faktor penting dalam meningkatkan minat beli generasi muda, khususnya mahasiswa STIM Budi Bakti. secara sistematis dan jelas bahwa ditemukan pengaruh pemasaran digital lebih rendah 14,8% terhadap minat beli dibandingkan dengan kemudahan penggunaan platform marketplace shopee terhadap minat beli mahasiswa sejumlah 11,4% Sedangkan jika variabel pemasaran digital digabung dengan variabel kemudahan penggunaan platform memiliki Tingkat pengaruh yang lebih besar yaitu 21,1% terhadap minat beli mahasiswa.
Kata kunci: Kemudahan Penggunaan Platform; Minat Beli; Pemasaran Digital
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
| Depositing User: | Khairunnisa Khairunnisa |
| Date Deposited: | 25 Sep 2025 03:57 |
| Last Modified: | 25 Sep 2025 03:57 |
| URI: | http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/227 |
