Apriliani, Tiara (2025) Pengaruh Social Media Marketing dan Kesadaran Merek terhadap Keputusan Pembelian Shaper Tape Hijab Merk Ayumeera pada Maketeplace Shopee Indonesia. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.
41121024-TIARA APRILIANI-2025-SKRIPSI-COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
41121024-TIARA APRILIANI-2025-SKRIPSI-ABSTRAK.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (200kB) | Request a copy
41121024-TIARA APRILIANI-2025-SKRIPSI-FULLTEXT.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Request a copy
41121024-TIARA APRILIANI-2025-SKRIPSI-SIMILARITY INDEX.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (197kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh social media marketing dan kesadaran merek (brand awareness) terhadap keputusan pembelian produk shaper tape hijab merek Ayumeera yang dipasarkan melalui platform Shopee. Studi ini berangkat dari fenomena pesatnya perkembangan pemasaran digital dan peran vital kesadaran merek dalam membentuk perilaku konsumen di lingkungan e-commerce. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 117 responden, yaitu pelanggan Ayumeera, melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan SPSS, melalui serangkaian uji statistik termasuk uji validitas, reliabilitas, analisis regresi linier sederhana dan berganda, serta uji hipotesis T-test dan F-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel independen—social media marketing dan kesadaran merek—secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan kunci dari penelitian ini menegaskan bahwa kesadaran merek memiliki pengaruh yang jauh lebih dominan, berkontribusi sebesar 84,5%, sementara social media marketing memberikan kontribusi sebesar 60,5%. Implikasi dari temuan ini menggarisbawahi urgensi bagi perusahaan untuk tidak hanya berfokus pada promosi di media sosial, tetapi juga menguatkan strategi pembangunan merek guna meningkatkan loyalitas dan mendorong keputusan pembelian yang berkelanjutan dari konsumen.
Kata kunci: Keputusan Pembelian; Kesadaran Merek; Social Media Marketing.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
| Depositing User: | Tiara Apriliani |
| Date Deposited: | 24 Sep 2025 02:17 |
| Last Modified: | 24 Sep 2025 02:17 |
| URI: | http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/234 |
