Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Pemerintahan Desa Jampang terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di RT 003/RW 002)

Riswana, Sisilvia (2025) Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Pemerintahan Desa Jampang terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di RT 003/RW 002). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
41121029_Sisilvia Riswana_2025_Skripsi_Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
41121029_Sisilvia Riswana_2025_Skripsi_Abstrak.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (14kB) | Request a copy
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
41121029_Sisilvia Riswana_2025_Skripsi_FullText.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Laporan Similarity Index] Text (Laporan Similarity Index)
41121029_Sisilvia Riswana_2025_Skripsi_Laporan_Similarity Index.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas sumber daya manusia terhadap kepuasan masyarakat RT 003/RW 02 di Kantor Desa Jampang. Kualitas sumber daya manusia dalam penelitian ini meliputi dimensi kualitas intelektual, pendidikan, keterampilan teknis dan non-teknis, serta semangat kerja pegawai desa. Sementara itu, kepuasan masyarakat diukur melalui lima indikator pelayanan publik, yaitu bukti fisik pelayanan (tangibles), keandalan (reliability), jaminan (assurance), empati (empathy), dan daya tanggap (responsiveness). Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 70 responden warga Rt 003/Rw 02 yang telah menerima layanan administrasi dari Kantor Desa Jampang. Instrumen penelitian telah melalui uji validitas dan reliabilitas dan dinyatakan layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sumber daya manusia memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,861 dan tingkat signifikansi 0,000 (< 0,05). Selain itu, nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,799 menunjukkan bahwa 79,9% variasi kepuasan masyarakat dapat dijelaskan oleh kualitas sumber daya manusia. Dengan demikian, semakin tinggi kualitas SDM aparatur desa, maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik yang diberikan

Kata kunci: Desa Jampang; Kualitas SDM; Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Sisil Via Riswana
Date Deposited: 20 Sep 2025 03:39
Last Modified: 20 Sep 2025 03:39
URI: http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item
View Item