Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota pada Koperasi Insan Sejahtera

Ferdiyan, Muhammad Reyhan Rizki (2025) Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Anggota pada Koperasi Insan Sejahtera. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
41124058_Muhammad Reyhan R.F_Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (872kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
41124058_Muhamad Reyhan R.F_Abstrak.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
41124058_Muhamad Reyhan R.F_Full Text.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Laporan Similarity Index] Text (Laporan Similarity Index)
41124058_Muhammad Reyhan R.F_LAPORAN SIMILARITY INDEX.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (398kB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan anggota merupakan faktor penting dalam menjaga keberlanjutan koperasi. Namun, dinamika yang terjadi menunjukkan bahwa kepuasan anggota Koperasi Insan Sejahtera belum stabil, sehingga berpotensi menurunkan loyalitas dan meningkatkan jumlah anggota yang tidak aktif atau keluar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian berjumlah 55 anggota koperasi yang diambil secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota dengan nilai signifikansi 0,010. Kualitas pelayanan juga berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0,001. Secara simultan, kepercayaan dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,770. Temuan ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas pelayanan merupakan faktor utama dalam meningkatkan kepuasan anggota koperasi. Oleh karena itu, pengurus koperasi perlu mempertahankan dan meningkatkan kedua aspek ini guna menciptakan loyalitas dan partisipasi aktif anggota secara berkelanjutan.

Kata kunci: Kepercayaan; Kepuasan Anggota; Kualitas Pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Muhammad Reyhan Rizki Ferdiyan
Date Deposited: 24 Sep 2025 02:09
Last Modified: 24 Sep 2025 02:09
URI: http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item
View Item