Rahmat, Budi (2025) Stategi Pemeliharaan SDM untuk Optimalisasi Kinerja dan Pengurangan Turnover (Studi Kasus: LKC Dompet Dhuafa). Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.
41121063_Budi Rahmat_2025_Skripsi_Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
41121063_Budi Rahmat_2025_Skripsi_Abstrak.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Request a copy
41121063_Budi Rahmat_2025_Skripsi_Fulltext.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Request a copy
41121063_Budi Rahmat_2025_Skripsi_Laporan Similarity Index.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (485kB) | Request a copy
Abstract
Tingginya angka turnover karyawan di lembaga sosial menjadi tantangan signifikan yang dapat mengganggu kesinambungan program, stabilitas organisasi dan efektivitas pelayanan publik. LKC Dompet Dhuafa, sebagai institusi filantropi yang berfokus pada pilar Program Pelayanan dan Pembelaan, dihadapkan pada kebutuhan untuk mempertahankan SDM yang berkinerja optimal dan memiliki loyalitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemeliharaan sumber daya manusia yang diterapkan di LKC, serta mengevaluasi pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja dan penurunan tingkat turnover. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi terhadap 10 informan, terdiri dari 3 informan kunci dan 7 informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemeliharaan SDM di LKC mencakup aspek pelatihan dan pengembangan, fasilitas kerja, evaluasi kinerja, serta dukungan hubungan kerja yang kondusif. Strategi ini terbukti meningkatkan kinerja dalam hal kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, dan kemampuan bekerja sama. Namun demikian, temuan juga menunjukkan bahwa masih ada tantangan dalam koordinasi tim. ketidakjelasan jenjang karier, sistem kompensasi yang belum merata, pemerataan beban kerja dan gaya kepemimpinan yang belum konsisten menjadi faktor yang memicu potensi turnover. Turnover yang tinggi dapat menyebabkan hilangnya pengetahuan institusional, meningkatnya beban kerja, serta menurunnya kualitas layanan. Kepuasan kerja dan motivasi bertahan lebih didorong oleh ikatan emosional terhadap program sosial daripada dukungan sistemik kelembagaan. Implikasi terhadap ilmu manajemen menegaskan pentingnya pengembangan strategi pemeliharaan SDM yang adaptif terhadap konteks sosial-kemanusiaan, serta merumuskan kebijakan berbasis pendekatan humanistik dan keberlanjutan organisasi Temuan ini memberikan kontribusi akademik dalam memperluas pemahaman tentang pemeliharaan SDM di sektor non-profit, khususnya pada organisasi berbasis nilai dan pelayanan publik.
Kata kunci: Optimalisasi Kinerja; Pemeliharaan SDM; Pengurangan Turnover
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
| Depositing User: | Budi Rahmat |
| Date Deposited: | 30 Sep 2025 06:00 |
| Last Modified: | 30 Sep 2025 06:00 |
| URI: | http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/270 |
