Gani, Fauzan Abdul (2025) Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Perilaku Kinerja Inovatif pada Karyawan Sekolah Smart Cibinong. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.
41121030_Fauzan Abdul Gani_2025_Skripsi_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (663kB) | Preview
41121030_Fauzan Abdul Gani_2025_Skripsi_Abstrak.docx
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (197kB) | Request a copy
41121030_Fauzan Abdul Gani_2025_Skripsi_FullText.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Request a copy
41121030_Fauzan Abdul Gani_2025_Skripsi_Laporan Similarity Index.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (40kB) | Request a copy
Abstract
Tantangan pendidikan di era globalisasi dan pascapandemi menuntut lembaga pendidikan untuk adaptif, inovatif, dan bermutu. Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh profesionalisme guru dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, serta kepemimpinan yang efektif. Inovasi dalam organisasi,termasuk sekolah, sangat bergantung pada perilaku kerja inovatif individu, terutama guru sebagai pelaksana utama pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap perilaku kerja inovatif karyawan di Sekolah Smart Cibinong (SSC). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penyebaran kuesioner kepada 51 responden yang terdiri dari guru dan tenaga kependidikan SSC. Variabel penelitian mencakup gaya kepemimpinan sebagai variabel bebas (X) dan perilaku kinerja inovatif sebagai variabel terikat (Y). Hasil analisis regresi menunjukkan adanya pengaruh signifikan gaya kepemimpinan terhadap perilaku kinerja inovatif, dengan koefisien regresi 0,796 dan nilai korelasi 0,995, yang berarti hubungan keduanya tergolong kuat. Secara simultan, gaya kepemimpinan mampu menjelaskan 98,9% variabilitas perilaku inovatif. Gaya kepemimpinan transformasional terbukti memberikan kontribusi dominan dalam menciptakan iklim kondusif bagi munculnya kreativitas dan ide baru. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi kepemimpinan yang efektif dalam mendorong perilaku kerja inovatif karyawan guna meningkatkan daya saing lembaga pendidikan.
Kata kunci: Gaya Kepemimpinan; Pendidikan; Perilaku Kerja Inovatif
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
| Depositing User: | Fauzan Abdul Gani |
| Date Deposited: | 01 Oct 2025 01:57 |
| Last Modified: | 01 Oct 2025 01:57 |
| URI: | http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/276 |
