Pengaruh Pengembangan Kreativitas terhadap Kinerja Guru di SMP Fajar Ciseeng

Maulana, Ikbal (2025) Pengaruh Pengembangan Kreativitas terhadap Kinerja Guru di SMP Fajar Ciseeng. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
41121040_Ikbal Maulana_2025_Sampul.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
41121040_Ikbal Maulana_2025_Skripsi_Abstrak.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
41121040_Ikbal Maulana_2025_Fulltext.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Laporan Similarity Index] Text (Laporan Similarity Index)
41121040_Ikbal Maulana_2025_Skripsi_Similarity index.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengembangan kreativitas berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Fajar Ciseeng. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya kreativitas dalam dunia pendidikan, menjadi salah satu indikator penting dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna dan efektif. Dalam konteks ini, kinerja guru menjadi tolok ukur sejauh mana peran dan fungsi guru dapat dijalankan dengan baik dalam mendukung proses pendidikan.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling jenuh, di mana seluruh populasi guru yang berjumlah 55 orang dijadikan responden. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dokumentasi data sekunder. Instrumen penelitian diuji melalui uji validitas dan reliabilitas yang menunjukkan bahwa seluruh indikator pada variabel kreativitas (X) memiliki Corrected Item Total Correlation (CITC) lebih dari 0,30 dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,777, sehingga dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linier sederhana, uji t, serta koefisien determinasi dengan bantuan software SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kreativitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,427 atau 42,7%. Artinya, kreativitas memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan kinerja guru, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil ini menegaskan bahwa pengembangan kreativitas merupakan strategi penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Kata kunci : Kinerja; Kreativitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Ikbal Maulana
Date Deposited: 01 Oct 2025 07:14
Last Modified: 01 Oct 2025 07:14
URI: http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item
View Item