Yulia Rini, Dwi (2025) Optimalisasi Kompetensi dan Profesionalisme dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.
41121149_Dwi Yulia Rini_2025_ Skripsi_ Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
41121149_Dwi Yulia Rini_2025_Skripsi_Abstract.doc - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (34kB) | Request a copy
41121149_Dwi Yulia Rini_2025_Skripsi_Fulltex.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Request a copy
41121149_Dwi Yulia Rini_2025_Skripsi_Laporan Similarity Index.pdf - Supplemental Material
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (17MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan–Jawa Barat melalui peningkatan kompetensi dan profesionalisme. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, bertujuan untuk memahami fenomena secara mendalam dari perspektif subjek penelitian, yaitu DPMD Kabupaten Kuningan. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah seluruh elemen yang terlibat dalam kinerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan. Sampel informan dipilih secara purposive sampling, terdiri dari pimpinan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), perangkat desa, dan masyarakat desa sebagai penerima manfaat program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan–Jawa Barat secara umum positif dalam hal kualitas dan ketepatan waktu, didukung oleh komitmen pimpinan dalam pengembangan kompetensi dan profesionalisme. Namun, ditemukan tantangan terkait kuantitas, efisiensi, keterbatasan anggaran, beban kerja tidak merata, dan kurangnya interaksi langsung dengan masyarakat. Strategi yang paling efektif mencakup peningkatan program pelatihan berkelanjutan bagi pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan–Jawa Barat, penegakan standar profesionalisme yang tegas, dan intensifikasi komunikasi sosial-kultural dengan masyarakat untuk memastikan program lebih tepat sasaran.
Kata kunci: Kinerja; Kompetensi; Profesionalisme
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
| Divisions: | Prodi S1 Manajemen |
| Depositing User: | Dwi Yulia Rini |
| Date Deposited: | 03 Oct 2025 01:45 |
| Last Modified: | 03 Oct 2025 01:45 |
| URI: | http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/295 |
