Pembuatan Logo dan Strategi Digital Marketing melalui Shopee pada UMKM Seblak Kering Licious di Bogor

Julia Ningsih, Ayu Melati Indah (2025) Pembuatan Logo dan Strategi Digital Marketing melalui Shopee pada UMKM Seblak Kering Licious di Bogor. Diploma thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Budi Bakti.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
21322003_Ayu Melati Indah Julia Ningsih_2025_Laporan Akhir_Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (847kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
21322003_Ayu Melati Indah Julia Ningsih_2025_Laporan Akhir_Abstrakk.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of Fulltext] Text (Fulltext)
21322003_Ayu Melati Indah Julia Ningsih_2025_Laporan Akhir_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Laporan Similarity Index] Text (Laporan Similarity Index)
21322003_Ayu Melati Indah Julia Ningsih_2025_Laporan Akhir_Similarity Index (Turnitin).pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

UMKM Seblak Kering Licious yang berlokasi di Bogor menghadapi tantangan dalam membangun identitas usahanya karena belum memiliki logo dan belum memaksimalkan penggunaan platform digital, khususnya Shopee. Padahal, keberadaan logo dan strategi pemasaran yang tepat melalui marketplace sangat berpengaruh terhadap daya saing produk di pasar. Tujuan kegiatan ini adalah membantu UMKM dalam membuat logo produk yang sesuai dengan karakteristik produknya dan memberikan pendampingan dalam penerapan strategi digital marketing di Shopee. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, serta pendampingan teknis secara langsung. Proses dimulai dari identifikasi kebutuhan usaha, dilanjutkan dengan pembuatan logo untuk kemasan, dan pengelolaan toko Shopee. Fokus pendampingan meliputi pengunggahan produk dengan visual yang menarik, penyusunan deskripsi yang informatif, serta pemanfaatan fitur promosi seperti voucher dan gratis ongkir. Setelah dilakukan pendampingan, UMKM berhasil memiliki logo usaha yang merepresentasikan produknya serta menunjukkan peningkatan dalam tampilan toko dan interaksi konsumen. Aktivitas ini diharapkan dapat memperkuat branding dan membuka peluang pemasaran digital yang lebih luas bagi UMKM.

Kata kunci: Logo; Pendampingan; Pemasaran Digital; Shopee; UMKM

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Prodi D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Ayu Melati Indah Julia Ningsih
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:28
Last Modified: 25 Sep 2025 02:28
URI: http://repository.stimbudibakti.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item
View Item